Search This Blog

Cara-cara Memperlihatkan Penghormatan terhadap Guru dan Keuntungan Menghormati Guru

Sesuai dengan ketinggian derajat dan martabat guru, tidak heran kalau para ulama sangat menghormati guru-guru mereka. Cara mereka memperlihatkan penghormatan terhadap gurunya antara lain sebagai berikut:

1.   Mereka rendah hati terhadap gurunya, meskipun ilmu sudah lebih banyak ketimbang gurunya.
2.  Mereka menaati setiap arahan serta bimbingan guru, misalnya seorang pasien yang tidak tahu apa-apa tentang penyakitnya dan hanya mengikut arahan seorang dokter pakar yang mahir.
3.  Mereka juga senantiasa berkhidmat untuk guru-guru mereka dengan mengharapkan balasan pahala serta kemuliaan di sisi Allah Swt.
4.  Mereka memandang guru dengan perasaan penuh hormat dan ta’ẓim (memuliakan) serta memercayai kesempurnaan ilmunya. Ini lebih membantu pelajar untuk memperoleh manfaat dari apa yang disampaikan guru mereka.

Berdasarkan uraian di atas, betapa pentingnya menghormati guru. Dengan menghormati guru, kita akan mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain sebagai berikut:

1.   Ilmu yang kita peroleh akan menjadi berkah dalam kehidupan kita.
2.  Akan lebih mudah menerima pelajaran yang disampaikannya.
3.   Ilmu yang diperoleh dari guru akan menjadi manfaat bagi orang lain.
4.   Akan selalu didoakan oleh guru.
5.   Akan membawa berkah, memudahkan urusan, dianugerahi nikmat yang lebih dari Allah Swt.
6.  Seorang guru tidak selalu di atas muridnya. Ilmu dan kelebihan itu merupakan anugerah Allah Swt. akan memberikan anugerah-Nya kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara-cara Memperlihatkan Penghormatan terhadap Guru dan Keuntungan Menghormati Guru "

Post a Comment