Search This Blog

Ayat Al-Quran Tentang Konsep Gender Dalam Islam

Salam cerdas…..

Berbicara tentang konsep gender dalam Islam ditemukan sejumlah ayat dalam Al-Qur'an, antara lain QS Al-Hujurat: 13, Al-Nisa':1, Al-A'raf:189, Al-Zumar:6, Fatir:11, dan Al-Mu'min: 67. Di antaranya dalam al-Qur'an surat al-Hujurat: 13
Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Ayat di atas memberi petunjuk bahwa dari segi hakikat penciptaan, antara manusia yang satu dan manusia lainnya tidak ada perbedaan, termasuk di dalamnya antara perempuan dan laki-laki. Karena itu, tidak perlu ada semacam superioritas suatu golongan, suku, bangsa, ras, atau suatu entitas gender terhadap lainnya. Kesamaan asal mula biologis ini mengindikasikan adanya persamaan antara sesama manusia, termasuk persamaan antara perempuan dan laki-laki. Penjelasan di atas menyimpulkan bahwa Al-Qur'an menegaskan equalitas perempuan dan laki-laki.

Senada dengan Al-Qur'an, sejumlah hadis Nabi pun menyatakan bahwa sesungguhnya perempuan itu mitra sejajar laki-laki. Meskipun secara biologis laki-laki dan perempuan berbeda sebagaimana dinyatakan juga dalam Al-Qur'an, namun perbedaan jasmaniah itu tidak sepatutnya dijadikan alasan untuk berlaku diskriminatif terhadap perempuan. Perbedaan jenis kelamin bukan alasan untuk mendiskreditkan perempuan dan mengistimewakan laki-laki.

Islam tidak sejalan dengan paham yang tidak memberikan peluang bagi perempuan untuk berkarya lebih besar di dalam atau di luar rumah. Al-Qur’an tidak mengenal konsep dosa warisan dari ibu-bapak umat manusia (Hawa dan Adam) dalam skandal “buah terlarang”, melainkan itu adalah tanggung jawab keduanya. Perbedaan fisik dan biologis laki-laki dan perempuan tidak mengharuskan adanya perbedaan status dan kedudukan. Bahkan salah satu tema utama sekaligus prinsip pokok dalam ajaran Islam adalah “persamaan antara manusia”, baik laki-laki maupun perempuan, antara bangsa, suku, dan keturunan. Perbedaan yang di “garis bawahi dan yang kemudian meninggikan atau merendahkan seseorang hanya “nilai” pengabdian dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Demikian sahabat PI Artikel Ayat Al-Quran Tentang Konsep Gender Dalam Islam, semoga berkah dan bermanfaat. salam cerdas.....

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ayat Al-Quran Tentang Konsep Gender Dalam Islam"

Post a Comment