Search This Blog

Latar Belakang Pembaharuan Pemikiran Islam di India / Pakistan

Salam cerdas…..

Perkembangan kesadaran keagamaan umat Islam di dunia tidak bisa dilepaskan dari munculnya gerakan pembaruan pemikiran sejak abad ke-19 lalu. Dimana gerakan pembaharuan ini dilatarbelakangi oleh kemunduran dunia Islam pada abad ke 10, kemudian tenggelam berabad-abad lamanya. Faktor yang menjadi penyebab utama kemunduran dunia Islam adalah mundurnya spirit yang menimpa kaum muslimin yang ditampilkan dalam bentuk khurafat, umat Islam tidak lagi menggunakan pikirannya sebagaimana para pemikir-pemikir sebelumnya melakukan ijtihad, untuk menggali sumber yang asli kepada Al-Qur’an dan Hadist Nabi, praktek bermazhab dan bid’ah telah subur. Setelah berabad-abad lamanya masa kemunduran islam, muncullah gerakan pemikiran yang dikumandangkan oleh pelopor-pelopor pembaharuan.

Istilah gerakan yang disebut pembaharuan ini memberi arah dan perspektif keagamaan yang relatif berbeda dari pusat-pusat peradaban Islam di Timur Tengah.  Diantara beberapa negara yang melakukan gerakan pembaharuan adalah India dan Pakistan. Dimana keduanya memiliki keterkaitan sejarah, bahkan merupakan satu kesatuan dalam sejarahnya. Negara ini termasuk negara yang besar, luas daerahnya maupun kebudayaan dan peradabannya, akhirnya menjadi suram dan bahkan hancur dengan kedatangan orang-orang kulit putih.

Yang menjadi latar belakang pembaharuan pemikiran Islam di India atau Pakistan Antara lain :
1.  Ajaran Islam sudah bercampur baur dengan paham dan praktek keagamaan dari Persia, Hindu atau Animisme.
2.   Pintu ijtihad tertutup.
3. Kemajuan kebudayaan dan peradaban Barat telah dapat dirasakan oleh orang-orang India, baik orang Hindu maupun kaum Muslimin, namun orang Hindu-lah yang banyak menyerap peradaban Barat, sehingga orang Hindu lebih maju dari orang Islam dan lebih banyak dapat bekerja di Kantor Inggris.
4.   Kesemenah-menahan Pemerintahan Inggris.
5.   Kekacauan Kepemimpinan Mughal dan para Amirnya.
6.   Terjadinya keributan antara Islam dan Hindu.

Kajian-kajian mengenai pembaharuan pemikiran Islam di India atau Pakistan sangat relevan sekali untuk dipelajari. Dalam makalah ini penulis akan memuat sekilas tentang gerakan pembaharuan umat muslim di India / Pakistan, tokoh-tokoh serta pemikiran mereka.
  

Demikian artikel tentang Latar Belakang Pembaharuan Pemikiran Islam di India / Pakistan, semoga berkah dan bermanfaat. Salam cerdas…..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Latar Belakang Pembaharuan Pemikiran Islam di India / Pakistan"

Post a Comment