Search This Blog

Pengertian Sholat Wajib / Sholat Lima Waktu

Sholat lima waktu merupakan salah satu kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap orang islam dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi bagaimanapun. Sholat juga merupakan tiang agama, barang siapa mengerjakannya berarti ia telah menegakkan agamanya. Dan barang siapa meninggalkannya berarti ia telah merobohkan agamanya. Sholat yang kita kerjakan haruslah sesuai dengan sholat yang telah dituntunkan atau dicontohkan oleh Rasulullah SAW. 



Pengertian Sholat Wajib

Shalat secara bahasa berarti doa. Sedangkan menurut istilah syara’ sholat adalah ibadah yang terdiri dari perkataan dan perbuatan tertentu, yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Sholat wajib juga disebut juga dengan sholat fardhu atau shalat maktubah yang berarti sholat yang harus dikerjakan orang Islam yang telah memenuhi syarat.

Yang dimaksud sholat wajib di sini adalah shalat lima waktu yaitu sholat zuhur, asar, maghrib, isya’ dan subuh. Sholat dalam Islam menempati kedudukan sangat penting, karena shalat merupakan ibadah yang pertama kali akan dihisab (dihitung) pertanggung jawabannya kelak di hari kiamat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Sholat Wajib / Sholat Lima Waktu"

Post a Comment