Search This Blog

Peran Keluarga dan Fungsi-Fungsi Utama Keluarga dalam Pendidikan

Salam cerdas…..            

Menurut etimologi peran keluarga dalam pertumbuhan anak ibarat baju besi yang kuat yang melindungi manusia. Secara terminologis, keluarga berarti sekelompok orang yang pertama berinteraksi dengan bayi. Pada tahun-tahun pertama hidup bayi bersama keluarga. Bayi tumbuh dan berkembang mengikuti kebiasaan dan tingkah laku orang tua dan orang-orang sekitarnya.

Psikolog dan ahli pendidikan meyakini bahwa keluarga merupakan faktor utama yang mampu memberikan pengaruh terhadap pembentukan dan pengaturan ahklak anak. Keluarga terus memiliki pengaruh di masa kanak-kanak saat anak selesai sekolah, sampai anak itu lepas dari pengasuhan dan mengarungi bahtera rumah tangganya.    

Peran Keluarga  adalah:

1)  merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama karena dalam keluargalah manusia dilahirkan, berkembang dan menjadi dewasa. Pendidikan di dalam keluarga sangat mempengaruhi tumbuh dan terbentuknya watak, budi pekerti dan kepribadian tiap-tiap manusia,
2) ibarat sekolah pertama dimasuki anak sebagai pusat untuk menumbuh kembangkan kebiasaan (tabiat), mencari pengetahuan dan pengalaman,
3)  perantara untuk membangun kesempurnaan akal anak dan kedua orang tuanya yang bertanggung  jawab untuk mengarahkan serta membangun dan mengembangkan kecerdasan berpikir anak. Semua sikap, perilaku dan perbuatan kedua orang tua selalu menjadi perhatian anak-anak.      

Fungsi-fungsi utama keluarga yaitu:

1)   Menjaga fitrah anak yang luhur dan suci,
2)   Meluruskan fitrahnya dan membangkitkan serta mengembangkan bakat kemampuan positifnya,
3)  Menciptakan lingkungan yang aman dan tenang dan mengasuhnya di lingkungan yang penuh kasih sayang, lemah lembut dan saling mencintai. Dengan demikian anak tersebut memiliki kepribadian normal yang mampu melaksanakan kewajiban dan berguna di masyarakat,
4) Memberikan informasi tentang pendidikan dan kebudayaan masyarakat, bahasa, adat istiadat dan norma-norma sosial agar anak dapat mempersiapkan kehidupan sosialnya dalam masyarakat.      

Untuk itu keluarga perlu:

1)   memupuk bakat dan kemampuan anak dalam mencapai perkembangan yang baik,
2)  menyediakan lingkungan yang efektif dan kesempatan untuk menumbuhkan kecerdasan emosional, tingkah laku, sosial kemasyarakatan dan kecerdasan intelegensi.
3)   memberikan kenyamanan dan ketenangan, serta mampu memahami  gerakan, isyarat, dan kebutuhan anak,
4)   memberikan jawaban yang tepat atas pertanyaan-pertanyaan anak pada waktu yang tepat.
5)  menumbuhkan kepekaan kesadaran bermasyarakat pada anak yang merupakan salah satu unsur kejiwaan, seperti nurani. Kepekaan kesadaran masyarakat itu terus tumbuh di dalam jiwa anak dalam kedisiplinan keluarga.


Semoga Artikel ini berkah dan bermanfaat, amiiiinnnnn. salam cerdas.....

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peran Keluarga dan Fungsi-Fungsi Utama Keluarga dalam Pendidikan"

Post a Comment