Search This Blog

Biografi Muhammad Iqbal sebagai Penyatu Dua Kutub Pemikiran dan Ide-Ide Pemikiran Muhammad Iqbal tentang Pembaharuan Pemikiran Islam di India / Pakistan

Salam cerdas…..

1. Biografi Muhammad Iqbal sebagai Penyatu Dua Kutub Pemikiran 

Muhammad Iqbal dilahirkan di Sialkot pada tanggal 9 November 1877. Dia seorang sasterawan, filosof, politikus dan pemikir Islam yang mampu memadukan metode pemikiran barat dengan perenungan timur.[1] Keberadaannya mendominasi kancah pemikiran dan politik Islam di India pada abad ke 20, menggantikan kedudukan Ahmad Khan pada abad sebelumnya.[2]

Dia berasal dari keluarga kelas menengah di Punjab kemudian belajar sampai ke peringkat Master di Lahore. Di kota ini dia bertemu dengan Thomas Arnold, seorang orientalis yang mendorongnya untuk belajar ke Inggeris. Tahun 1905 Iqbal melanjutkan studinya  di Cambridge untuk mendalami Filsafat. Kemudian pindah ke Munich, Jerman menulis Desertasi berjudul The Development of Metaphysics in Persia.[3]

Tahun 1908 dia kembali ke Lahore bekerja sebagai seorang lawyer dan dosen filsafat di beberapa universitas. Hasil dari kuliah filsafatnya pada akhirnya  menjadi buku  sangat terkenal “The Recontruction of Religious Thought in Islam” yang membahas masalah keagamaan seperti Tuhan, kenabian, hukum, filsafat, tasawuf dan lainnya dengan pendekatan modern dan sangat sistematik.[4]

Inti dari pemikiran pembaharuan Iqbal juga tidak jauh berbeda dengan tokoh-tokoh lain di India  khususnya dalam meresponi kondisi masyarakat yang zumud dan tertinggal. Selain itu dia juga menolak pemahaman dan pengamalan yang salah tentang konsep zuhud dalam ajaran tasawuf yang menjadi satu penyebab kemunduran umat Islam.[5]

2. Ide-Ide Pemikiran Muhammad Iqbal tentang Pembaharuan Pemikiran Islam di India / Pakistan

Pemikiran Muhammad Iqbal tentang pembaruan Islam adalah sebagai berikut:
1)   Ijtihad mempunyai kedudukan penting dalam pembaruan Islam dan pintu ijtihad tetap terbuka.
2)  Umat Islam perlu mengembangkan sikap dinamisme. Dalam syiarnya, ia mendorong umat Islam untuk bergerak dan jangan tinggal diam. 
3)   Kemunduran umat Islam disebabkan oleh kebekuan dan kejumudan dalam berpikir.
4)   Hukum Islam tidak bersifat statis, tetapi dapat berkembang sesuai per- kembangan zaman.
5)   Umat Islam harus menguasai sains dan teknologi yang dimiliki Barat.
6)   Perhatian umat Islam terhadap zuhud menyebabkan kurangnya perhatian terhadap masalah-masalah keduniaan dan sosial kemasyarakatan. 


[1] John Obert Voll (1982), Islam Continuity and Change in The Modern World, Colorado : Westview Press, h. 224
[2] Aziz Ahmad (1967), op.cit., h. 141
[3] Harun Nasution (1996), op.cit., h.
[4] Aziz Ahmad (1967), op.cit., h. 147
[5] Harun Nasution (1996), op.cit., h.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Biografi Muhammad Iqbal sebagai Penyatu Dua Kutub Pemikiran dan Ide-Ide Pemikiran Muhammad Iqbal tentang Pembaharuan Pemikiran Islam di India / Pakistan"

Post a Comment