Search This Blog

Pengertian / Definisi Perpustakaan Menurut Para Ahli

Salam cerdas.....

Berikut beberapa pengertian perpustakaan menurut para ahli:

George A. Makdisi menyebutkan perpustakaan dikenal dengan beberapa nama, yaitu dar (rumah), bayt (rumah) dan khizanah (gudang), yang digabungkan dengan kata lain al-‘ilm (pengetahuan), al-hikmah (kebijaksanaan), dan al-kutub (buku). Perpustakaan berfungsi sebagai ruang baca, pusat aktivitas akademis dan ruang diskusi. 

Sementara itu, Sutarno NS menyebutkan, perpustakaan berasal dari kata pustaka yang berarti buku, setelah mendapat awalan per dan akhiran an menjadi perpustakaan, yang berarti kitab, kitab perimbon, atau kumpulan buku-buku, yang kemudian disebut koleksi bahan pustaka. 

Sedangkan Sulistyo-Basuki menjelaskan, perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

Lalu oleh Rusina Syahrial dan Pamuntjak perpustakaan didefenisikan sebagai kumpulan buku-buku yang tersedia dan dimaksudkan untuk dibaca.  

Sedangkan Ibrahim Bafadal mendefenisikan perpustakaan sebagai suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan berupa buku (non book material) yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka dapat dikatakan bahwa perpustakaan merupakan wadah berhimpunnya sejumlah literatur (buku) yang diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan ilmu. Di abad modern sekarang ini, koleksi perpustakaan tidaklah lagi terbatas kepada buku saja, melainkan mencakup juga rekaman dan cetakan lain yang bukan buku. Umpamanya majalah, surat kabar, pamflet, gambar peta, atlas, piringan hitam, tape, slide, film, film-strip, mikrofilm, dan lain sebagainya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian / Definisi Perpustakaan Menurut Para Ahli"

Post a Comment