Search This Blog

Siswa Pendidikan Atau Persekolahan Abad 18-20

Salam Cerdas…..

Selain al-Azhar, di Mesir terdapat beberapa universitas lain, yaitu Universitas of Cairo (1948), Alexandria University (1942), Ein al-Syams University (1950), Assuit University (1958). Sampai pada tahun 1958, mesir menerapkan sistem persekolahan sebagai berikut:
a.   Sistem pendidikan keagamaan, misalnya madrasah, kutab, dan al-Azhar.
b.   Sistem sekolah yang menggunakan bahasa pengantar bahasa asing.
c.   Sistem sekolah yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Arab.
d.   Sistem sekolah yang didirikan oleh pemerintah.
e.   Sistem sekolah asing dengan kurikulum sendiri.

Dari tingkat rendah hingga tinggi sistem pengajara al-Azhar di kelola oleh majis Tinggi al-Azhar yang dipegang oleh Syaikh al-Azhar. Sampai pada tahun 1996 sistem perjenjangan pendidikan lembaga ini adalah:
a.   Tingkat Rendah (ibtida’i) selama 6 tahun.
b.   Tingkat Menengah (I’dad) salama 3 tahun.
c.   Tingkat menengah atas (tsanawi) selama 3 tahun.
d.   Tingkat universitas selama 4-6 tahun.

Sejak tahun akademik 1992/1993, universitas al-Azhar telah membuka filiannya di luar Kairo, yaitu Iskandariyah, Damanhur, Dimyat, Mansurah, Zawahik, Tanta, dan Shibin al-Kom. Pihak al-Azhar juga mengadakan fakultas yang tersendiri, yang memisahkan mahasiswa lelaki dan perempuan. Dari dulu hingga kini, al-Azhar telah sukses melahirkan jutaan sarjana dan cendekiawan. Hal ini merupakan upaya para pemimpin yang terus-menerus melakukan modernisasi.

Sistem sekolah asing dengan kurikulum sendiri. Sistem perjenjangan pendidikan di lembaga ini adalah tingkat rendah selama 6 tahun, tingkat menengah selama 3 tahun, tingkat menengah atas selama 3 tahun dan tingkat universitas selama 4-6 tahun. Pola pendidikan persekolahan ini dikenal dengan pola 6-3-3-4 tahun.

Oleh : Ismail


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Siswa Pendidikan Atau Persekolahan Abad 18-20"

Post a Comment