Search This Blog

Cara-Cara Agar Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya

Assalamu’alaikum sahabat muslim…

Allah Swt. berfirman: “Dan Allah memiliki al-Asmau-al-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya al- Asmau-al-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya.) Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. al-A’raf/7:180)

Ayat ini diturunkan ketika ada seorang sahabat Nabi Muhammad saw. sedang berdoa seraya membaca, “Ya Rahman, Ya Rahim" (Wahai Zat Yang Maha Pengasih, Wahai Zat Yang Maha Penyayang).

Ketika mendengar itu, orang-orang musyrik langsung menyebarkan tuduhan dan fitnah bahwa Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya menyembah dua Tuhan, yaitu Ya Rahman dan Ya Rahim.

Sebagai jawaban atas tuduhan orang kafir itu, maka turunlah ayat tadi (Q.S. al- A‘raf/7:180). Dengan jelas dan tegas ayat ini menyatakan bahwa Allah Maha Esa, namun Allah Swt. memiliki sebutan lain berupa nama-nama yang indah. Indah untuk didengar, diucapkan, diterapkan, dan diteladani oleh hamba-Nya.

Allah Swt. memiliki al-Asmau-al-husna (nama-nama yang indah), seperti al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, al-Basir. Berdoalah kepada-Nya seraya menyebut al-Asmau-al-husna, seperti ya 'Alim, ya Khabir, ya Sami’, ya Basir dan seterusnya karena doa yang demikian akan lebih dikabulkan Allah Swt.

Doa yang demikian juga bisa menginspirasi kita agar menjadi manusia yang ‘alim (berilmu), khabir (mau meneliti), sami (menjadi pendengar yang baik), dan Basir (pandai melihat kenyataan hidup).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara-Cara Agar Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya"

Post a Comment