Search This Blog

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Salam Cerdas.....

Assalamu’alaikum sahabat ku, sebenarnya ini pengalaman pribadi Saya sendiri, Saya sengaja membuat artikel tentang doa setelah sholat fardhu dan artinya supaya saya selalu ingat tentang doa setelah sholat fardhu dan artinya ini, dan semoga saja posting ini membantu dan bermanfaat untuk para sahabat-sahabatku sekalian.

Berikut ini adalah doa yang sering di baca imam ketika telah melaksanakan sholat fardhu. Doa di bawah ini dilengkapi dengan tulisan arab, rummi dan artinya:


A`uudzu billaahi minasy-syaithaanir-rajiim. Bismillaahir-rahmaanirrahiim. Al-hamdu lillaahi rabbil`aalamiin, hamdayyuwaafii ni'amahu wa yukaafii maziidah. 
Artinya:
"Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam, dengan pujian yang sesuai dengan nikmat-nikmat-Nya dan memadai dengan penambahan-Nya."  


Yaa rabbanaa lakal-hamdu kamaa yambaghii li jalaali wajhikal-kariimi wa `azhiimi sulthaanik.
Artinya:
"Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana pujian itu patut terhadap keagungan dan kemuliaan-Mu serta keluhuran kerajaan-Mu."   


Allaahumma shalli `alaa sayyidinaa Muhammadiw wa`alaa aali sayyidinaa Muhammad.
Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarganya."
 

Allaahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa wa shiyaamanaa wa rukuu'anaa wa sujuudanaa wa qu`uudanaa, wa tadharru'anaa wa takhasysyu`anaa wa ta'abbudanaa wa tammim taqshiiranaa yaa Allaah yaa rabbal`aalamiin.
Artinya:
"Ya Allah ya Tuhan kami, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusyuk kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah kealpaan kami dalam menunaikan kewajiban ya Allah, Tuhan seluruh alam."  


Allaahumma a'innaa `alaa dzikrika wa syukrika wa husni ibaadah.
Artinya:
"Ya Allah, tolonglah kami untuk selalu mengingat-Mu dan mensyukuri rahmat dan nikmat-Mu, dan perbaikilah amal ibadah kami kepada-Mu. "  


Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa in lam taghtir lanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal-khaasiriin. 
Artinya:
"Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi."   


Rabbanaa laa tu'aakludznaa in nasiinaa an akhtha'naa.
Artinya:
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan."  


Rabbanaa wa laa tahmil `atainaa ishran kamaa hamaltahuu 'alai-ladziina min qablinaa.
Artinya:
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada arang¬orang sebelum kami."  


Rabbanaa wa laa tuhammiinaa maa laa thaaqata laaaa bihu wa`fu `annaa waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa `alal-qaumilkaafiiriin. 
Artinya:
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami.Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.   


Allaahumma innaa nas'aluka salaamatan fid-diini, wa `aafiyatan fil-jasadi, wa ziyaadatan FI-`ilmi, wa barakatan fir-rizqi, wa taubatan qablal-mauuti, wa rahmatan `indal¬mauuti, wa maghfiiratam ba`dal-mauuti, Allaahnmma hawwin `alainaa t'u sakaraatil-mauuti, wan-najaata minan-naari, wal¬`afwa `indal-hisaab. 
Artinya:
"Ya Allah, permohonan kami kepada-Mu semoga kami mendapat keselamatan agama, kesehatan jasmani, bertambahnya ilmu, keberkahan dalam rezeki, tobat sebelum mati, mendapatkan rahmat ketika mati, dan memperoleh ampunan setelah mati. Ya Allah, mudahkanlah (ringankanlah) sakaratul maut kami, bebaskanlah kami dari azab neraka, dan memperoleh ampunan ketika dihisab."   


Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmatan innaka antal-wahhaab.
Artinya:
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguh-nya Engkau Maha Pemberi. "   


Rabbanaghfir lanaa wa li waalidiinaa wa li jamii'il-mus-limiina walmuslimaati wal-mu'miniina wal-mu'minaati al¬ahyaa'i minhum walamwaat, innaka `ataa kulli syai'in qadiir.  
Artinya:
"Ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami dan dosa-dosa orang tua kami, dan bagi semua orang Islam laki-laki dan perempuan, orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan yang masih hidup dan yang sudah mati. Sesungguhnya Engkau Zat Yang Maha¬kuasa atas segala-galanya."
 

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrata a`yuniw waj'alnaa lil-muttaqiina imaamaa. 
Artinya:
"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikan kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."   


Rabbanaa aatinaa fid-dun-yaa hasanatan wa fil-aakhirati hasanatan wa qinaa `adzaaban-naar.  Allaahummaghfir lanaa dzunuubanaa wa kaffir `annaa sayyi'aatinaa wa tawaffanaa ma'al-abraar. 
Artinya:
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.  Ya Allah, ampunilah dosa kami dan tutupilah segala kesalahan kami, dan semoga jika kami mati nanti bersama-sama dengan orang-orang yang baik-baik."    


Rabbij'alnii muqiimash-shalaati wa min dzurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du'aa'.
Artinya:
"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku, orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhanku, perkenankanlah doaku. "
 

Wa adkhilnal-jannata ma`al-abraar, yaa `azuzu yaa ghaffaaru yaa rabbal`aalamiin.
Artinya:
"Masukkanlah kami ke dalam surga bersama orang-orang yang berbuat baik. Wahai Tuhan Yang Mahamulia, Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam. "   


Subhaana rabbika rabbil-`izzati `ammaa yashifuun, wa salaamun `alalmursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-`aalamiin. 
Artinya:
"Mahasuci Tuhan-Mu, Tuhan Yang Maha Perkasa dari sifat yang mereka dikatakan. Dan selamat sejahtera bagi para rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam."  

Demikian sahabat ku, Wassalamu’alaikum wr.wb.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya"