Search This Blog

Pendidikan Agama Islam Sebagai Peningkat Kualitas Harkat dan Martabat Umat Manusia

Salam cerdas…..

Pendidikan Islam bagi umat manusia merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup dalam segala bidang keislaman. Dalam sejarah hidup umat manusia di muka bumi ini hampir tidak ada kelompok manusia yang tidak menggunakan pendidikan sebagai cara pembudayaan dan peningkatan kualitas hidup. Pendidikan Islam pada masa sekarang ini merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan formal selalu memajukan pendidikan agama Islam bagi masyarakat karena dengan pendidikan agama Islam diharapkan akan melahirkan manusia-manusia generasi penerus yang bertanggung jawab dan kreatif. Hal ini seiring dengan tujuan pendidikan nasional yang mempunyai tujuan yang penting bagi kelangsungan kehidupan bangsa yang sedang membangun.

Pelaksanaan pendidikan bagi bangsa Indonesia dalam era globalisasi ini sangatlah penting karena melalui usaha pendidikan dapat ditentukan keberhasilan dari semua pelaksanaan pembangunan yang dicita-citakan baik berupa pembangunan fisik, maupun mental spiritual. Pendidikan juga merupakan syarat mutlak untuk menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan “Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Pendidikan agama Islam diarahkan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia serta kualitas agama sumber daya manusia Indonesia. Peningkatan kualitas pendidikan agama Islam harus dimulai dari peningkatan kualitas tenaga pendidikan, di samping pembaharuan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penyediaan media pendidikan yang memadai.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pendidikan Agama Islam Sebagai Peningkat Kualitas Harkat dan Martabat Umat Manusia"

Post a Comment