Search This Blog

Hadis dari Ummu ‘Atiyyah dan Kandungan Hadis tentang Perintah Allah Swt. kepada Para Wanita untuk Menghadiri / Keluar pada Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha

Salam cerdas…..

Hadis dari Ummu ‘Atiyyah
Dari Umu ‘Atiyah, ia berkata, “Rasulullah saw. memerintahkan kami untuk keluar pada Hari Fitri dan Adha, baik gadis yang menginjak akil balig, wanita-wanita yang sedang haid, maupun wanita-wanita pingitan. Wanita yang sedang haid tetap meninggalkan shalat, namun mereka dapat menyaksikan kebaikan dan dakwah kaum Muslim. Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah saw., salah seorang di antara kami ada yang tidak memiliki jilbab?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Hendaklah saudarinya meminjamkan jilbabnya kepadanya.’” (H.R. Muslim)

Kandungan Hadis

Kandungan hadis di atas adalah perintah Allah Swt. kepada para wanita untuk menghadiri prosesi shalat ‘idul Fitri dan ‘idul Adha, walaupun dia sedang haid, sedang dipingit, atau tidak memiliki jilbab. Bagi yang sedang haid, maka cukup mendengarkan khutbah tanpa perlu melakukan shalat berjama’ah seperti yang lain. Wanita yang tidak punya jilbab pun bisa meminjamnya dari wanita lain.

Hal ini menunjukkan pentingnya dakwah/khutbah kedua shalat ‘idain. Kandungan hadis yang kedua, yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar berisi tentang kemurkaan Allah Swt. terhadap orang yang menjulurkan pakaiannya dengan maksud menyombongkan diri.

Demikian artikel tentang Hadis dari Ummu ‘Atiyyah dan Kandungan Hadis tentang Perintah Allah Swt. kepada Para Wanita untuk Menghadiri / Keluar pada Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adhasemoga berkah dan selalu bermanfaat. Salam cerdas…..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hadis dari Ummu ‘Atiyyah dan Kandungan Hadis tentang Perintah Allah Swt. kepada Para Wanita untuk Menghadiri / Keluar pada Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha"

Post a Comment