Salam cerdas.....
Secara umum bentuk perpustakaan di dunia Islam yang berkembang pada masa klasik, terbagi kepada dua bentuk, yaitu perpustakaan umum dan perpustakaan pribadi.
a. Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang menghimpun koleksi buku, bahan cetakan serta rekaman lain untuk kepentingan masyarakat umum. Perpustakaan umum berdiri sebagai lembaga yang diadakan untuk dan oleh masyarakat. Perpustakaan umum didirikan oleh para khalifah, amir dan hartawan. Perpustakaan di dunia Islam pada masa keemasan itu lebih merupakan sebuah universitas, karena di samping kitab-kitab untuk dibaca atau diterjemahkan, di sana juga diperbolehkan berdiskusi.
Berikut ini penulis kemukakan beberapa perpustakaan umum pada masa keemasan Islam:
1) Perpustakaan umum yang paling terkenal di Baghdad selama masa kepemimpinan Al-Makmun (tahun 1813-833) adalah Bayt al-Hikmah. Lembaga ini menggabungkan perpustakaan, sanggar sastra, lingkaran studi dan observasi.
2) Perpustakaan di Marv, Persia Timur. Yaqurt yang tinggal di Marv menulis dalam kamus geografinya menjelaskan bahwa kota itu memiliki kota yang besar, dua di antaranya di masjid utama dan sisinya di madrasah-madrasah, ia bahkan diizinkan untuk meminjamkan tak kurang dari dua ratus jilid tanpa bayar. Demikian juga dengan al-Maqrizi, perpustakaan yang didirikan di samping Madrasah Al-Fadhiliyah mempunyai buku sejumlah 100.000 buah. Hal ini terjadi pada masa orang-orang belum mengenal percetakan.
3) Perpustakaan Madrasah Nizamiyah Baghdad. Perpustakaan di Madrasah ini memuat sekitar 6000 judul. Rak-rak perpustakaan diberi tanda untuk membantu pencari/peminjam dan dibuat pula catatan tentang apakah seri itu komplit atau tidak. Para pekerja di perpustakaan itu membuat peraturan bagi para ilmuwan yang ingin membawa manuskrip untuk di baca secara lebih konsentrasi. Seksi sirkulasi memberlakukan aturan-aturan tertentu tentang prosedur peminjaman buku untuk menjamin keamanan dan pemeliharaan buku secara hati-hati yang menjadi tanggung jawabnya, seorang peminjam tidak boleh menambah catatan pinggir (pada buku-buku yang dipinjamnya), ia juga tidak diperbolehkan membetulkan keseluruhan tanpa persetujuan khusus dari pemilik buku itu. Dalam beberapa kasus, uang jaminan mungkin dipersyaratkan, biasanya pembayaran denda dikenakan bagi orang-orang yang menunda pengembalian buku di luar batas waktu yang ditentukan.
4) Di Mesir terdapat beberapa perpustakaan. Beberapa contoh perpustakaan seperti Dar al-Hikmah di Kairo didirikan oleh Hakim Bi Amrillah. Ada juga perpustakaan milik khalifah, atau raja, seperti perpustakaan Al-Mu’tashim Billah dengan perpustakaan Fatimiyah yang didirikan di Kairo. Perpustakaan Dar al-Hikmah di Kairo, didirikan pada tahun 1004 di bawah dukungan Dinasti Fathimiyah. Dar al-Hikmah mempunyai pengakuan yang khusus karena perlengkapannya luar biasa. Para pendukungnya yang kaya menyediakan tinta, kertas, meja-meja, dan ruang belajar bagi para ilmuwan dan para pelajar. Dar al-Hikmah berjalan selama lebih satu abad sebagai pusat utama pendidikan tinggi di Mesir sampai Sultan al-Malik al-Afdal kemudian menutupnya pada tahun 1122, ketika ia mengetahui dua orang ilmuwan tamu telah menyampaikan kuliah mengenai ajaran-ajaran yang menyeleweng dalam bagian-bagiannya tertentu. Para penerus Sultan al-Afdal kemudian membuka kembali Dar al-Hikmah itu, tetapi menetapkan hanya bacaan dan khutbah yang dinilai benar-benar ortodok saja yang dapat disampaikan dalam kelas-kelas perkuliahannya.
5) Perpustakaan Universitas Cordoba di Spanyol, didirikan oleh Abdurrahman an-Nasyir. Perpustakaan ini memiliki koleksi ratusan buku, menyaingi perpustakaan-perpustakaan yang berada di Dinasti Abbasiyah. Dikenal juga Al-Hakam II yang juga memelihara perpustakaan di wilayah ini. Al-Hakam II juga dikenal sebagai pemimpin yang memahami secara memadai terhadap isi-isi dan bahasan dari buku-buku yang menjadi koleksi perpustakaannya. Hal ini karena ia telah membaca sejumlah besar buku-buku tersebut dan telah menulis catatan-catatan pinggir didalamnya sebagai respons, komentar atau kritik terhadap buku-buku tersebut.
6) Perpustakaan khalifah Dinasti Fathimiyah kedua, al-Aziz (975-996). Perpustakaan ini telah berkembang pesat. Diceritakan oleh khalifah, pada suatu kesempatan ketika buku Al-Halil Kitab Al-Ayn, yaitu kamus sebuah hasil karya salah seorang ahli bahasa Arab pada masa awal, dibawakan oleh petugas perpustakaan kepadanya sebanyak tiga puluh satu salinan, termasuk satu yang bertanda tangan. Ia juga membeli karya-karya al-Thabari seharga seratus dinar walaupun sudah ada lebih dari dua puluh salinan termasuk satu yang bertanda tangan di perpustakaan. Masih di perpustakaan yang sama masih terdapat seratus karya mengenai leksikografi, yaitu Jamhara Karya Ibnu Durayd, yang secara keseluruhan ada empat puluh koleksi buku di perpustakaan istana, yang masing-masing koleksi terdapat di satu ruang, berarti di perpustakaan tersebut terdapat empat puluh ruangan yang penuh berisis buku. Adapun ilmu-ilmu kuno yaitu ilmu alam dan filsafat hellenistik yang ada di perpustakaan tersebut berjumlah 18.000 buku.
b. Perpustakaan Pribadi
Perpustakaan pribadi artinya perpustakaan yang dikelola secara pribadi dengan tujuan melayani keperluan bahan pustaka bagi kelompok, keluarga, atau individu tertentu. Karena semua dibiayai secara pribadi maka perpustakaan jenis ini hanya melayani keperluan kelompok terbatas pula. Namun untuk contoh-contoh tertentu tidak menutup kemungkinan perpustakaan pribadi digunakan untuk kepentingan umum.
Banyak di antara bangsawan yang dekat dengan golongan Abbasiyah yang mempunyai perpustakaan. Berikut ini penulis kemukakan beberapa perpsutakaan pribadi yang ada pada masa keemasan Islam:
1) Teman Al-Mutawakkil, Al-Fath Ibn Khaqan (w. 861), yang menurut ibn Al-Nadim sangat bijaksana dan pandai dalam bidang kesustraan. Selalu membuka pintu untuk para sastrawan dan ilmuwan.
2) Yakut dalam bukunya al-mu’jam menjelaskan bahwa di Karkar di sekitar al-Qans terdapat sepetak tanah yang berharga kepunyaan Ali bin Yahya. Ia membangun untuknya sebuah perpustakaan yang tersohor karena kegunaannya dan ukurannya.
3) Jamaludin al-Qifthi (w. 64 H), ia mengumpulkan buku yang tidak dapat digambarkan. Perpustakaannya selalu dituju oleh orang-orang dari berbagai penjuru karena mengharapkan kemurahan dan kedermawanannya. Ia tidak mencintai selain buku-bukunya ia mewakafkan dirinya untuk buku-buku. Ia mewasiatkan perpustakaannya yang bernilai lima puluh dinar kepada an-Nashir.
4) Muwafaq bin Muthran Dimasyqi, Abdul al-Daula (587 H), ia mempunyai semangat tinggi untuk mendapatkan buku sehingga tatkala ia meninggal. Di lemarinya terdapat-buku-buku kedokteran dan buku-buku lain sebanyak 10.000 buah. Untuk membantunya, ada tiga orang penyalin itu di beri gaji dan nafkah.
5) Perpustakaan lain yang lebih cukup menonjol di kalangan muslimin saat itu adalah perpustakaan perpustakaan yang dibangun oleh Abdul Mutrif, seorang hakim di Cordoba, kebanyakan berisi buku-buku langka, masterpiece-masterpieces kaligrafi, mempekerjakan enam orang penyalin yang bekerja penuh waktu. Perpustakaan ini telah terjual dalam satu lelang terbuka setelah ia wafat pada tahun 1011 seharga 40.000 dinar.
6) Di kalangan Buwayhiyah, Abdul al-Dauladan (w.983) ayah Baha al-Daula dan anggota terpenting dalam kelompok itu, telah mendirikan sebuah perpustakaan di Syiraz yang menurut penilaian al-Maqrizi berukuran sangat besar, adapun nama perpustakaan itu adalah Khiznatul Kutub. Ia menggambarkan perpustakaan tersebut berdiri di suatu komplek yang dikelilingi oleh taman, danau, dan aliran air. Bangunannya diberi kubah di bagian atasnya dan terdiri dari dua tingkat yang menurut kepala petugasnya jumlah total ruangannya adalah 360 ruangan. Rak utama diletakkan di ruangan yang besar dengan beberapa kamar yang berhubungan, semua ini dilengkapi dengan lemari-lemari setinggi tubuh manusia dan dengan pintu-pintu yang diberi dekorasi, di dalam lemari diletakkan buku-buku yang tidak ada satu pun buku yang pernah ditulis pada saat itu dilewatkan, tiap-tiap bagian ada sebuah rak yang berisi katalog. Lantai-lantai dilapisi dengan karpet dan beberapa ruangan didesain khusus, untuk mendapatkan udara yang sejuk dan segar melalui ventilasi yang bekerja di antaranya.
7) Ibn Sawwar, seorang laki-laki yang kalau bukan karena mendirikan Dar al-Ilm di Basrah, namanya tidak dikenal orang. Ia membangun perpustakaan yang di dalamnya yang besar dan disediakannya beasiswa bagi orang-orang yang datang ke sana untuk belajar dan menyalin buku-buku. Ia juga membangun perpustakaan lain lebih kecil di Ramhurmuz, suatu tempat di sekitar Persia.
8) Pangeran Dinasti Samaiyyah, Nuh, yang bertempat tinggal di Bukhara (976-977) telah meniru para pendahulunya dalam mengumpulkan orang-orang pitar di istananya. Salah seorang di antaranya adalah ahli filsafat terkenal Ibnu Sina, ia juga sebagai seorang Doktor. Pada suatu ketika ia pernah diundang untuk merawat Nuh ketika sedang Sakit. Ibn Sina minta izin untuk menggunakan perpustakaannya, ternyata di sana ia melihat buku yang berjumlah sangat banyak yang di atur dalam ruangan-ruangan yang terpisah sesuai dengan jenis bukunya, filogi bahasa arab, puisi, etika, dan seterusnya. Beliau memeriksa katalog “ilmu-ilmu kuno” dan tampak olehnya beberapa buku yang judulnya hanya dikenal oleh beberapa orang saja, dan tidak pernah dijumpainya di tempat lain sebelum ini.
9) Perpustakaan Khazain Al-Qusu di Kairo menyimpan lebih dari 1.6 juta naskah dalam 40 ruangan yang dibangun untuk hal itu. Seluruh perpustakaan mempunyai ruangan yang terpisah untuk para penyalin, tukang jilid, dan pustakawan Muslim dirancang sedemikian rupa sehingga seluruh ruang perpustakaan dapat dilihat dari satu titik pusat dan dilengkapi dengan sebuah rak terbuka yang dekat dengan penyimpanan buku. Kelengkapan buku dan sarana pendukungnya membuat setiap orang yang membacanya menjadi nyaman.
10) Muhammad ibn ‘Umar Al-Waqidi (130-207 H/748-823 M) lahir di Madinah dan wafat di Baghdad. Ia seorag ahli Hadits, Fikih, dan sejarawan Arab terkenal. Ia senang mengembara. Pengembaraannya berkisar di kota-kota Hijaz (Mekkah, Madinah, Ta’rib, dan Jeddah), kota Syiria dan Baghdad. Kepustakaan pribadinya penuh dengan buku. Ia berkata: “Aku belum pernah tahu anak sahabat atau anak orang yang mati syahid, atau budak belian kecuali aku bertanya kepadanya, apakah anda pernah mendengar salah seorang anggota keluargamu yang memberi tahu kepadamu tentang kesyahidan si fulan, dan dimana ia terbunuh? Jika dia memberi informasi kepadaku, aku akan menuju tempat itu untuk menyelidikinya. Demikian gigih ia mengumpulkan informasi pengetahuan untuk menulis buku, sehingga ia layak memiliki perpustakaan.
No comments:
Post a Comment