Search This Blog

Pendidikan Periode Modern dalam Islam

Salam Cerdas…..

Periode modern dalam Islam bermula dari tahun 1800 M dan berlangsung sampai sekarang. Di awal periode ini kondisi umat Islam secara politis berada di bawah penetrasi kolonialisme. Baru pada pertengahan abad ke-20 M dunia Islam bangkit memerdekakan negerinya dari penjajahan Barat. Pembaharuan pendidikan di Mesir setelah adanya kontak dengan peradaban Barat. Invansi Napoleon yang membawa kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, membuka mata rakyat Mesir bahwa umat Islam telah tertinggal oleh kemajuan Barat, selanjutnya mendorong umat Islam mengadakan pembaharuan. Upaya pembaharuan ini dipelopori oleh Muhammad Ali, besar sekali kontribusinya bagi Mesir untuk menjadi negara modern. Gerakan pembaharuannya telah memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada umat Islam.

Pusat dunia Islam sebelumnya berada di Baghdad, tetapi setelah Baghdad diserang oleh Khulagu pada tahun 1256 M, ibu kota dunia Islam pindah ke Karto Mesir. Begitu juga lembaga pendidikannya, yang semula bait al-hikmah di Baghdad menjadi Al-Azhar di Mesir didirikan sebagai lembaga pendidikan alternatif, sekaligus pusat ilmu pengetahuan yang dikunjungi oleh para ulama dan pelajar dari seluruh pelosok dunia hingga kini.

Selain Muhammad Ali Pasya, Muhammad Abduh adalah tokoh yang paling bersemangat melakukan pembaharuan dalam Islam, karena ia telah banyak berjuang untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang sebelumnya bersikap apatis menjadi dinamis. Menurut Muhammad Abduh, pendidikan itu sangat penting sekali, sedangkan ilmu pengetahuan itu wajib dipelajari, dan yang menjadi perhatiannya adalah mencari alternatif untuk bisa keluar dari stagnasi yang dihadapinya dari sekolah agama Mesir. Ini  tercermin dengan baik sekali yang dilakukannya dalam pendidikan di Al-Azhar. Ada beberapa masalah yang ditemukan Muhammad Abduh di lapangan yang menurutnya menyimpang dan menjadi penyebab utama kemunduran umat Islam. Di antara masalah-masalah tersebut adalah masalah kurikulum, metode mengajar, dan pendidikan wanita.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pendidikan Periode Modern dalam Islam"

Post a Comment